MAKALAH
PAKET PEMROGRAMAN NIAGA
(Dasar-dasar Ms Word 2007)
Hasil gambar untuk logo polinela
OLEH
Nama                              : DENI SAPUTRA
NPM                              : 16753014
PROGRAM STUDI       : Manajemen Informatika

JURUSAN EKONOMI DAN BISNIS
POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG
BANDAR LAMPUNG
2016






KATA PENGANTAR
            Pujisyukursayapanjatkankehadirat Allah SWT yang telahmemberikanrahmatsertakarunia-Nyakepadasayasehinggasayaberhasilmenyelesaikanmakalahini yang Alhamdulillah tepatpadawaktunya yang berjudul Microsoft Word.
Makalahiniberisikantentanginformasi Microsoft Word atau yang lebihkhususnyamembahaspenerapanpengoperasian Microsoft Word,
DiharapkanMakalahinidapatmemberikaninformasikepadakitasemuatentang Microsoft Word.sayamenyadaribahwamakalahinimasihjauhdari yang sempurna,olehkarenaitukritikdan saran darisemuapihak yang bersifatmembangunselalusayaharapkan demi kesempurnaanmakalahini.
            Di harapkanpembaca dapatmengembangkankemampuan-kemampuandanpetunjukumum agar dapatmengerjakanbentuk-bentuktugas yang berhubungan dengan Ms.word dengan mudah.Akhir kata saya ucapkan semoga makalah yang saya kerjakan ini bermanfaat.

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR..................................................................................................... 1
DAFTAR ISI............................................................................................ .......................2
ISI.....................................................................................................................................3
A.    CARA MENGAKTIFKAN MICROSOFT WORD............................................3

B.     MENGENAL LAYAR KERJA MICROSOFT WORD......................................4
C.     MEMBUAT, MENYIMPAN, MENUTUP, DAN MEMBUKA DOKUMEN...8
KESIMPULAN...............................................................................................................11













A. Cara Mengaktifkan Microsoft Word
Kita dapat memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut :
1. Pilih dan Klik tombol Start
2. Pilih menu program
3. Kemudian, pilih dan klik program Microsoft Word
4. Tunggu sampai jendela program aplikasi Word ditampilkan
Atau kita juga bisa mengklik mouse kiri sebanyak 2 x shortcut microsoft word pada dekstop
Atau jika kalian menggunakan Windows 7 32bit bisa menggunakan fasilitas “Pin to start menu” langkah-langkahnya
1.      Klik tombol Start
2.      Klik kanan Ikon Microsoft Word
3.      Klik “Pin To Start Menu”



Hasil gambar untuk cara mengaktifkan microsoft word
B. Mengenal Layar Kerja Microsoft Word

1.      Lembar kerja ms word 2003

Hasil gambar untuk lembar kerja ms word 2003
2.      Lembar kerja ms word 2007


Hasil gambar untuk lembar kerja ms word 2007






3.      lembar kerja ms.word 2010
Hasil gambar untuk lembar kerja ms word 2010


Keterangan
a.  Pengatar menu dan toolbar pada Word 2010 biasa disebut Ribbon, yang dirancang untuk membantu kita bekerja lebih produktif serta mudah dalam menggunakan seluruh fasilitas dan fungsi yagn disediakan oleh Word 2010
b. Ribbon in terdiri atas beberapa Tab yangmengorganisasikan berbagai sekenario khusus dan objek sesuai dengan jenis aktivitasnya.
c. Masing-masing tab terdiri atas beberapa Gruoup.
d. Setiap group terdiri atas beberapa Tombol Perintah atau Command Button.
Jadi, Ribbon ini mempunyai fungsi dan isi yang sangat lengkap karena di dalamnya juga sudah mengandung menu, toolbar, tombol perintah (Comamand Button), galeries, dan kotak dialog.
POIN-POIN PADA MS.WORD
            Title Bar berisi nama file yang sedang dikerjakan, serta tombol menampilkan, atau menyembunyikan jendela program, dan menutup program, yaitu tombol Minimize, Maximize/Restore, dan Close.
→ Office Button berisi perintah-perintah yang berkaitan dengan dokumen seperti membuat dokumen baru (New), membuka dokumen (Open), menyimpan dokumen (Save), mencetak dokumen (Print), dan sebagainya
→ Quick Access Toolbar berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternatif penggunaan perintah yang sering digunakan. Sebagai contoh, tool Open merupakan shortcut dari Office Button>Open, atau tool Save merupakan shortcut dari Office Button>Save.
→ Menu Bar berisi serangkaian perintah yang didalamnya terdapat sub-sub perintah sesuai kategorinya. Sebagai contoh, pada menu Home terdapat submenu Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing yang didalamnya berisi perintah-perintah sesuai kategorinya.
→ Ribbon berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari Menu Bar.
→ Ruler merupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal, yaitu di atas dokumen, dan secara vertikal, yaitu di sebelah kiri dokumen. Ruler berfungsi untuk mempermudah melakukan pengaturan letak halaman.
→ Status Bar adalah baris horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumen yang sedang ditampilkan, antara lain :
• Page: menampilkan informasi halaman
• Words: Menampilkan jumlah halaman, kata, huruf (tanpa spasi), huruf (dengan spasi), paragraf, dan baris
View Toolbar berisi pengaturan jenis tampilan dokumen, antara lain:
• Print Layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang akan diterima pada saat dicetak (default).
• Full Screen Reading: memberikan tampilan halaman penuh.
• Web Layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang ditampilkan di dalam jendela browser.
• Outline: memberikan tampilan sesuai heading di dalam dokumen dan tingkatan di dalam struktur dokumen.
• Draft: memberikan tampilan yang berkelanjutan (menggabungkan seluruh halaman seperti dalam satu gulungan). Tiap halaman dipisahkan oleh garis titik-titik.
C. Membuat, Menyimpan, Menutup dan Membuka Dokumen
1.      MEMBUAT DOKUMEN BARU
Untuk membuat dokumen baru, dapat dilakukan dengan cara berikut:
a.       Klik Office Button>New sehingga muncul jendela baru yang menampilkan bagian New Document.
b.      Setelah itu pilihlah Blank Document untuk membuat dokumen. (Dapat juga memilih salah satu dokumen template untuk membuat dokumen baru berdasarkan template yang telah disediakan.) Di dalam Quick Access Toolbar juga terdapat tombol New  yang berfungsi untuk membuat dokumen baru tanpa melalui jendela baru.
Atau dengan cara
1.Menekan Ctrl +N lalu muncul dokumen baru
Sebelum memulai dokumen, sebaiknya atur properti terlebih dahulu. Pengaturan properti mempengaruhi hasil cetakan. Pengaturan properti dapat dilakukan dengan mengklik menu Page Layout. Kemudian pada ribbon Page Setup, klik ikon kecil pada pojok kanan bawah sehingga muncul kotak dialog Page Setup Kotak dialog ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Margins, Paper, dan Layout.
• Margins: untuk menentukan batas atas (Top), kiri (Left), kanan (Right), dan bawah (Bottom) dokumen, dan ada juga orientasi kertas. Gambar 6 menunjukan margin halaman.
• Paper Size: untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan dengan memilih opsinya pada menu drop-down. Jika menginginkan ukuran kertas sendiri, dapat diisi nilainya secara langsung pada kotak Width dan Height.
2.      MENYIMPAN DOKUMEN
untuk menyimpan dokumen baru antara lain adalah sebagai berikut :
Cara 1 :
Klik Office Button>Save atau Office Button>Save As sehingga muncul kotak dialog Save As
Lalu ketik nama dokumen yang kalian inginkan.
Cara ke 2 :
Dengan menekan tombol CTRL + S dan muncul dialog Save As. Lalu ketik nama dokumen yang kalian inginkan.
Cara ke 3 :
Dengan menekan tombol F12 lalu muncul dialog. Ketik nama dokumen yang kalian inginkan.
3.      MEMBUKA DOKUMEN YANG TELAH DISIMPAN
Cara 1 :
Klik Office Button>Open>lalu muncul dialog. Ketik nama dokumen yang ingin dibuka. Atau dengan mencari letak dokumen tersebut
Cara 2 :
Dengan menekan CTRL + O pada keyboard lalu muncul dialog. Ketik nama dokumen yang ingin dibuka, atau dengan mencari letak dokumen tersebut
4.      MENUTUP DOKUMEN
Cara 1 :
Klik Office Button>Close
Cara 2 : dengan menekan icon Close pada tittle bar
Cara 3 : dengan menekan tombol ALT +F4 pada keyboard
                                                           
KESIMPULAN
            MS.WORD adalah suatu program pengolah kata yang fleksibel dan sangat mudah di gunakan baik itu karyawan kantor ataupun pelajar karena biasa digunakan untuk menulis laporan,surat,serta membuat grafik dan lain - lain. Meskipun perkembangannya sangat pesat tetapi ms.word tetap mudah digunakan dan mudah dipahami .

Comments

Popular posts from this blog

Soal Dan Jawaban Mengenai View dengan Store Procedure

Source Code Aplikasi Rekomendasi Izin Riset berbasis Web